KODIM 1606/LOBAR BERDAYAKAN MASYARAKAT DENGAN PELATIHAN BUDIDAYA TANAMAN HYDROPONIC DAN JAMUR TIRAM

Mambalan-KODIM 1606/LOBAR beserta staf Kodim Gunungsari melakukan Bakti Sosial pemberdayaan masyarakat di Desa Mambalan pada hari Rabu 07 Oktober 2020.

Acara tersebut dihadiri oleh Dandim 1606/Lombok Barat sekaligus membuka dengan resmi kegiatan tersebut. disamping itu hadir pula dalam acara tersebut Camat Gunungsari, UPT Pertanian Kecamatan Gunungsari, Kades Mambalan, serta Ketua BPD Desa Mambalan.

Dalam acara yang bertema “Peran TNI mewujudkan Pemberdayaan Masyarakat yang Mandiri dan Sejahtera” tersebut Mudasir selaku Camat Gunungsari mengkritik warganya yang hanya bisa mengikuti jejak orang-orang yang sudah sukses terlebih dahulu tanpa mau memulai terlebih dahulu.

“saya melihat banyak masyarakat yang hanya semangat saat mengikuti materi saja tapi tidak mau mempraktekannya langsung, jangan hanya mengikuti tapi mulai dari diri sendiri” ungkapnya saat memberi sambutan pada acara tersebut.

Namun beliau juga memuji Mambalan karena melimpahnya sumber air mineral di Desa tersebut. “Mambalan menjadi daerah yang sangat cocok untuk ditanami berbagai jenis sayur mayur karena potensi sumber airnya yang melimpah” tutupnya.

Dandim 1606/Lobar, Gunawan dalam sambutannya juga memberi semangat kepada masyarakat agar mau memulai usaha di era pendemi  seperti saat ini, beliau memberi motivasi dengan menceritakan kisah-kisah orang sukses dari usaha kecil .

Pemberdayaan masyarakat yang diberikan berupa Pelatihan budidaya sayur mayur dan cara membuat pupuk organik serta bagaimana membasmi hama pada tanaman secara alami tanpa campuran zat kimia, pelatihan tersebut disampaikan oleh FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI POLRI)

Kegiatan ini di harapkan mampu membantu mengurangi pengeluaran rumah tangga saat terjadi pendemi seperti saat ini.

Selain budidaya sayur mayur, pelatihan yang diberikan juga berupa budidaya Jamur Tiram yang disampaikan langsung oleh ahlinya yaitu Bapak Syairi dari Tim Budidaya Jamur Tiram Molah Maulana Bangkit Bilong, Perempuan.

Kegiatan tersebut tidak hanya memberikan materi saja namun masyarakat diajak mempraktikkan langsung cara membuat dan menanam hingga masyarakat terlihat begitu antusias saat kegiatan berlangsung.

Komentar